5 Penyebab Adanya Bintik atau Flek Hitam Pada Wajah

Bintik hitam atau flek hitam yang berada di area wajah atau ephelis biasanya terbentuk akibat terjadinya peningkatan melanin atau pigmen alami pada kulit terutama setelah terkena sinar matahari ataupun sinar ultraviolet.

Melanin adalah pigmen alami yang dapat menentukan warna kulit dari seseorang. Makin banyak kandungan melanin pada kulit seseorang, maka makin gelap pula kulit seseorang.. 

terutama setelah terkena sinar matahari atau sinar ultraviolet. Makin banyak kandungan melanin pada kulit seseorang, maka makin gelap pula kulit orang tersebut.

Flek hitam umumnya tak berwarna hitam, tetapi agak kemerahan atau kecokelatan dan cukup lebih gelap dibandingkan area kulit sekitarnya

Flek hitam tampak seperti bercak atau titik kecil berukuran sekitar 1 mm dan tidak menonjol, yang menyebar di area permukaan kulit wajah.

Flek hitam biasanya muncul di wajah dan umumnya menyebar dari tulang hidung hingga ke pipi. Flek hitam ini juga biasa muncul di leher, dada, dan lengan.

Flek hitam biasanya muncul setelah terpapar sinar matahari, seperti pada musim panas, dan akan menghilang bila tidak terpapar sinar matahari

Flek hitam pada umumnya pertama kali muncul pada masa kanak-kanak dan menghilang seiring dengan pertambahan usia. Flek ini pun pada umumnya tidak akan menimbulkan rasa sakit dan umumnya tidak berbahaya bagi kesehatan.

Bintik hitam tak hanya terjadi pada kulit wajah saja, tetapi juga pada area-area tubuh lainnya, seperti di lengan, dada ataupun leher yang biasanya terpapar langsung oleh sinar matahari.

Pada beberapa orang yang memiliki warna kulit putih atau kuning langsat, bintik hitam akan terlihat lebih jelas dibandingkan pada orang-orang yang memiliki warna kulit sawo matang.

Kondisi seperti ini sama sekali tidak akan membahayakan dan juga tidak akan menimbulkan rasa sakit, tetapi kondisi ini tetap perlu untuk diwaspadai agar tidak tertukar dengan kondisi kulit lain yang mirip seperti neurofibromatosis(tumor kulit) ataupun juga melanoma (kanker kulit). terutama setelah tekena sinar matahari atau sinar ultraviolet. 

Agar Kamu dapat menanganinya dengan tepat, simak terlebih dahulu lima penyebab munculnya bintik atau hitam pada wajah berikut ini.

Bekas Jerawat

Jerawat yang tidak ditangani dengan baik bisa meninggalkan bekas berupa bintik hitam yang sukar untuk hilang. Hal ini biasanya diakibatkan oleh kebiasaan buruk memencet jerawat karena dirasa mengganggu penampilan. Untuk mengatasi hal ini, Kamu dapat menjalani perawatan dengan skincare yang mengandung vitamin C dan kojic acid agar bekas jerawat dapat segera hilang.

Kurang Vitamin

Penyebab flek hitam di wajah bisa juga dikarenakan tubuh kekurangan vitamin. Sebab, vitamin merupakan asupan yang paling penting untuk menjaga kesehatan kulit wajah seseorang.

 Kekurangan asupan vitamin akan membuat flek hitam pada wajah menjadi lebih sering muncul. Agar dapat menghindari flek hitam, penuhilah vitamin K, vitamin B12, juga vitamin E melalui pil vitamin atau makanan.

Kosmetik

Sudah tak dapat dipungkiri lagi bahwa penggunaan kosmetik setiap hari sudah menjadi hal yang wajar bagi para wanita di Indonesia. Sayangnya, beberapa merek kosmetik ternyata masih mengandung bahan-bahan berbahaya seperti merkuri.

 Merkuri memang dapat mencerahkan wajah secara instan, namun efek sampingnya sangat berbahaya bagi kulit dan dapat menimbulkan banyak bintik hitam bahan kimia ini dapat memicu melanocyte atau terjadinya produksi melanin berlebihan selain itu dapat menyebabkan kanker kulit. 

Selain itu, beberapa jenis kosmetik juga menyebabkan fotosensitivitas sehingga kulit menjadi lebih sensitif juga memproduksi melanin secara berlebih setiap kali terpapar oleh sinar matahari. Meskipun berada didalam ruangan seharian, kulit masih sensistif terhadap sinar matahar

Faktor Genetik

Tak hanya faktor dari luar saja yang dapat menyebabkan flek hitam, namun faktor genetik juga menjadi salah satu penyebab terbesar munculnya noda hitam pada wajah. 

Orang yang memiliki faktor seperti ini dalam tubuhnya akan cenderung lebih rentan terhadap penyakit seperti melasma yang diakibatkan alergi ringan, paparan sinar matahari, maupun perubahan hormon.

Penyebab flek hitam ini biasanya lebih sering terjadi terhadap orang dengan warna kulit yang lebih cerah atau putih, memiliki warna rambut merah, pirang atau cokelat.

Polusi Udara

Kulit wajah yang setiap hari terkena polusi udara juga sangatlah rentan terhadap bintik-bintik hitam. Iritasi pada kulit wajah akan menyebabkan inflamasi yang akan merusak lapisan kulit Kamu.

 Akibatnya, produksi melanin makin meningkat secara terus-menerus dan akan menimbulkan noda hitam atau bintik hitam di area wajah yang meradang. Jangan lupa menggunakan masker jika Kamu bepergian menggunakan kendaraan bermotor agar terlindung dari polusi.

Komentar

Postingan Populer